Pemotongan UKT Mahasiswa IAIN Ambon Berlaku Dua Semester

Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, Aisa Umarella saat diwawancarai Lintas di ruang kerjanya, Rabu, 10 Februari, 2021/Lintas/Yolanda Agne

Reporter: Yolanda Agne
Editor: Jamaludin Tuahan


LINTAS.COM — Institut Agama Islam Negeri Ambon berlakukan pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT), kepada mahasiswa lima belas persen. “Berlaku dua semester, aturan ini berdasarkan instruksi Kemenag,” kata Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan IAIN Ambon, Aisa Umarella kepada Lintas di ruang kerjanya, Rabu, 10 Februari 2021.

Pemotongan UKT lima belas persen terhitung semester ganjil 2019-2020 dan semester genap 2020-2021. Aisa mengaku, dengan adanya pemotongan lima belas persen kegiatan kampus harus berkurang, lantaran dana tersebut bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), sumber anggarn PNPB juga diperoleh dari UKT.

“Saat seperti ini, kita harus terima banyak kegiatan kampus dikurangi. Anggaran PNBP berkurang, bisa dilihat dari pemotongan UKT. Itu belum dihitung mahasiswa cuti serta tunggakan pembayaran semester,” tuturnya.  

Saat dikonfirmasi mengenai spanduk informasi pembayaran UKT yang terpampang depan Gedung Badan Administrasi Kemahasiswaan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, yang bertuliskan tidak dikenakan pemotongan lima belas persen. Aisa membantah. “Spanduk itu salah cetak dan akan segera diralat,” ujarnya.

Kata dia, Mahasiswa IAIN bisa melakukan pembayaran UKT semester genap dengan potongan lima belas persen mulai 8 Februari sampai 5 Maret 2021.  

Sementara Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Husein Wattimena mengaku, belum tahu terkait pemberitahuan tersebut. Ia menyarankan Lintas menemui Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan, Marwan Razak.

Mahasiswa Hukum Pidana Islam, menanggapi UKT dengan antusias. “Pemotongan UKT sangat membantu saya. Jika pandemi masih berlanjut, saya harap pemotongan tetap berjalan,” Ujar Nurqaida Tehuayo.

Ia juga mengkritik kesalahan dalam pencetakan spanduk. “Segera diganti sebab mahasiswa bisa salah paham sehingga melakukan pembayaran tanpa potongan,” Katanya.

Share this :
About admin 448 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*