Antrean di BTN Cabang IAIN Ambon Abai Protokol Covid-19

Antrean mahasiswa menunggu pembagian blanko pembayaran semester di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Insititut Agama Islam Negeri Ambon, Selasa, 2 Maret 2021. LINTAS/Ihsan Reliubun.

Reporter: Jamaludin Tuahan
Editor: Ihsan Reliubun


LINTAS.COM — Pelayanan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Insititut Agama Islam Negeri Ambon mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu terlihat sejak mahasiswa berkerumun dan sebagian di antara mereka tidak mengenakan masker ketika mengantre di depan pintu bank.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Basir Tuhepali, mengatakan pengabaian protokol kesehatan di depan BTN lantaran kurangnya pengawasan pihak keamanan bank. “Wajar kalau mahasiswa tak menaati protokol kesehatan, sebab tak ada pengawasan ketat dari pihak bank sendiri,” ujar Basir, usai membayar biaya semester, di depan Gedung Kembar, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurut dia, pihak bank semestinya menambah petugas keamanan untuk mengawasi pelanggaran protokol kesehatan di bank tersebut. “Kalau di pekarangan dong  tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga mahasiswa bedesak-desakan antre,” kata dia.

Salah satu nasabah BTN, Tania Muhajir, mengaku tidak mengenakan masker lantaran hanya menunggu pembagian blanko pembayaran semester. Namun, mahasiswa Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) itu mengaku mengetahui perintah petugas bank supaya penerapan protokol kesehatan dijalankan. “Tapi beta tidak mau pakai,” ujar Tania.

Terkait pengabaian protokol kesehatan, anggota sekuriti yang bertugas di BTN, Yoel Unawekla, mengaku sudah mengimbau mahasiswa agar mengenakan masker dan menjaga jarak. Namun perintah itu, kata dia, tidak digubris. “Sudah sampaikan ke mahasiswa agar mengambil jarak dan pakai masker, supaya terhindar dari penyebaran virus corona,” tutur Yoel, ketika ditemui di pintu bank.

Pantauan Lintas, nasabah berkerumun di depan pintu bank sekitar jam 9 pagi. Kerumunan terjadi ketika mahasiswa berdesak menunggu giliran mendapatkan blanko pembayaran semester. Sebagian di antara mereka tidak mengenakan masker. Sedangkan yang lain membiarkan masker di dagu.

Pengabaian protokol kesehatan juga melibatkan salah satu pegawai BTN. Hal itu tampak ketika pria berkemeja motif merah muda ini membagikan blanko putih kepada mahasiswa, namun membiarkan penutup mulut dan hidung itu menempel di dagu. Selama kerumunan berlangsung, dalam pantauan Lintas, tak ada teguran dari pihak sekuriti.

M. Anone Heluth

Share this :
About admin 457 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*