Datangi BTN IAIN Ambon, Satpol PP: Jangan Ada Kerumunan di Tengah Pandemi

Antrean mahasiswa menunggu pembagian blanko pembayaran semester di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Insititut Agama Islam Negeri Ambon, Selasa, 2 Maret 2021. LINTAS/Ihsan Reliubun.

Reporter: Taufik Rumadaul
Editor: Ihsan Reliubun


LINTAS.COM — Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon mengingatkan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ambon mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Menurut petugas itu, pelanggaran protokol yang tersebar melalui foto dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan sampai ada kerumunan di tengah pandemi,” kata salah satu anggota Satpol PP, Abdullah Ishak, di pelataran Gedung Kembar, IAIN Ambon, Selasa, 2 Maret 2021. Dia menambahkan, foto kelalaian mematuhi protokol kesehatan mudah dipolitisasi orang lain.

Ishak dan sejumlah rekannya berkunjung di kampus yang dipimpin Zainal Abidin Rahawarin, itu bertujuan mengkonfirmasi adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang IAIN Ambon.

Laporan kerumunan nasabah di depan pintu bank itu datang dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon. Gugus Tugas mengirim foto tersebut ke Satpol PP dan menyuruh Ishak dan rekannya mengkonfirmasi kebenaran gambar itu.

Ketika bertemu pihak BTN, Ishak menyarankan mahasiswa serta pihak bank wajib memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun. Sebab, pihak kampus maupun pemerintah daerah, katanya, akan disalahkan jika gambar pelanggaran protokol viral di media sosial.

“Ini kenapa pihak kampus tidak bisa atasi (protokol kesehatan). Kadang, kata orang begitu, kan?” ujar Ishak. Menurut dia, pemerintah Kota Ambon mengimbau agar kasus serupa tidak terjadi.

Baca: Abai Protokol Covid-19, Satpol PP Seruduk BTN Cabang IAIN Ambon

Menanggapi foto yang disebut Satpol PP, Kepala BTN Cabang IAIN Ambon Haidir, mengatakan sudah menginfokan kepada nasabah agar mematuhi protokol kesehatan saat berurusan di bank.

“Untuk di luar, setahu saya, kita sampaikan ke teman-teman mahasiswa tetap jaga jarak,” kata Haidir. Namun, Haidir menuturkan, banyaknya mahasiswa yang membayar semester menyebabkan terjadinya antrean di luar.

Pantauan Lintas, sejumlah petugas Satpol PP datang sekitar pukul 12.15 WIT. Mereka datang menggunakan sebuah mobil, yang diparkir di pelataran Gedung Kembar. Dengan cepat, petugas itu langsung masuk ke dalam bank.

Satu di antara tiga anggota Pamong Praja langsung mengeluarkan ponsel. Telepon pintar itu dipakai memotret aktivitas nasabah di dalam BTN. Sedangkan dua petugas lainnya tengah bercakap bersama satuan pengaman (satpam) yang bertugas di bank tersebut.

“Nanti sampai di sana baru katong jelaskan, bahwa  sedang ada pembayaran uang semester,” ucap Ishak, usai meninggalkan kantor BTN tersebut.

M. Anone Heluth

Share this :
About admin 457 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*