PPKT Online di Tarbiyah Dinilai Tidak Efektif

Mahasiswa berlalu lalang di depan Gedung BAK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Rabu, 12 September 2018/LINTAS/Ihsan Reliubun.

Reporter: Dewinta Karepesina
Editor: Yolanda Agne


LINTAS.COM — Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Institut Agama Islam Negeri Ambon, dilakukan secara online. Sejak pandemi, IAIN telah melangsungkan dua kali PPKT tidak tatap muka. Namun, mahasiswa menilai pelaksanaan PPKT secara daring tidak efektif.

Mahasiswa yang turun praktik mengeluh, lantaran ilmu yang selama ini mereka pelajari di jurusan masing-masing itu, tidak bisa diberikan terhadap masyarakat lewat tatap muka.

“PPKT online tidak efektif sama sekali. Karena tidak ada pengalaman mengajar di lapangan dan kita tidak bisa menerapkan keterampilan guru yang didapat,” ujar Budiarman Tahadi mahasiswa Pendidikan Agama Islam, peserta PPKT tahun 2020.

Sebelumnya, Dekan FITK Ridwan Latuapo, mengatakan PPKT dilaksanakan secara online sesuai surat edaran Rektor Nomor 263, berkaitan dengan praktikum laboratorium dan sejenisnya, diganti dengan metode daring sesuai protokol Covid-19.

“Kita tidak bisa ambil risiko, maka dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19,” kata Ridwan saat ditemui Lintas di ruang kerjanya, Kamis, 8 April 2021.

Peserta PPKT tahun 2021 sebanyak 76 mahasiswa dari berbagai jurusan di FITK. Pendidikan Agama Islam 12 mahasiswa, Pendidikan Matematika 25, dan Pendidikan Biologi 39.

Nasri Soulisa

Catatan koreksi:
Sebagian isi berita ini diperbaiki untuk meningkatkan akurasinya. Bagian yang dihilangkan menyangkut informasi yang belum terverifikasi sesuai standar jurnalistik.

Judul berita ini telah diubah dari sebelumnya: Dua Tahun PPKT Online di Tarbiyah Dinilai Tidak Efektif. Koreksi berita dilakukan pada Kamis, 15 April 2021, pukul 11.15 WIT. Redaksi mohon maaf atas kesalahan ini. Terima kasih.

Share this :
About admin 462 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*