Wisuda Virtual di IAIN Ambon Tidak Diikuti Seluruh Wisudawan

Rektor institut Agama Islam Negeri Ambon (IAIN) Zainal Abidin Rahawarin beserta jajarannya saat menghadiri sidang senat terbuka wisuda sarjana angkatan XXII di rektorat lantai III. Sidang senat berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan pada Senin, 5 Agustus 2021. Lintas/Usman Rumadaul.

Reporter: Usman Rumadaul
Editor: Yolanda Agne


LINTAS.COM — Wisuda yang digelar secara virtual tidak diikuti beberapa wisudawan lantaran terkendala tidak jaringan internet yang tidak stabil. “Kendala menyangkut  persiapan wisuda virtual adalah jaringan  internet,” ujar ketua panitia wisuda Profesor La Jamaah pada Kamis, 5 Agustus 2021.

Menurutnya, beberapa mahasiswa yang tidak bisa mengikuti wisuda dikarenakan jaringan internet di tiap-tiap daerah berbeda dan berpengaruh pada jalannya wisuda. “Kita sudah gladi berkali-kali karena setiap gladi juga tidak semua wisudawan bisa masuk di zoom,” kata La Jamaah.

Hal ini terlihat dari wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda hanya 701 mahasiswa dari 732 yang terdaftar. “Daerah yang jaringannya kurang bagus itu juga berpengaruh, dari 732 yang masuk ke zoom 701 wisudawan.”

Wisudawan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Jurusan Sosiologi Agama Abdul Garium mengatakan, lembaga tidak mempunyai kesiapan untuk wisuda online karena sebagian temannya tidak bisa bergabung melalui aplikasi zoom.

“Saya tidak nyaman mengikuti jalanya wisuda disebabkan jeleknya jaringan, dan juga ada  keributan ketika berlangsungnya wisuda,” ujar Abdul

Hal serupa juga dikatakan wisudawan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Biologi, Daeng Chiali Rahakban. Beberapa temannya tidak mengikuti wisuda karena terkendala jaringan internet.

“Koneksi zoomnya kurang bagus. Banyak teman-teman yang  mengakses tapi tidak bisa terkoneksi langsung dengan admin zoom sehingga tidak mengikuti wisuda online,” kata Daeng.

Ia berharap kedepannya pihak kampus lebih siap sehingga tidak banyak kendala dalam berlangsungnya wisuda secara virtual.

Karman Rumarubun

Share this :
About admin 512 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*