Mahasiswa IAIN Wakili Maluku di PON XX Papua

Sutrisno Solaiman, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mewakili Maluku di PON XX Papua, saat diwawancarai Lintas di ruang kerja Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Selasa, 10 Agustus 2021. Lintas/Udin

Reporter: Udin
Editor: Yolanda Agne


LINTAS.COM — Sutrisno Solaiman, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon berhasil lolos mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Kota Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, pada 4 Oktober 2021 mendatang.

“Saya lolos di PON XX Papua dan akan berangkat tanggal 15 Oktober nanti,” Ujar Sutrisno saat ditemui Lintas pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Sebelumnya, Sutrisno mengikuti pra PON mewakili Maluku di Sulawesi dengan 34 provinsi lainnya pada bulan Oktober 2019. Ia mengikuti pra PON cabang olahraga panjat tebing dan berhasil lolos bersama 17 atlet Maluku.

“Dari Maluku yang mengikuti PON 17 orang dari berbagai kampus,” kata mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam itu.

Kecintaannya pada panjat tebing bermula ketika ia megikuti organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan tergabung dalam Forum Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Menurut Sutrisno, keberhasilannya dalam mewakili Maluku untuk kegiatan PON XX Papua itu dibarengi dengan kerja keras.

“Saya melatih diri dengan mengikuti banyak lomba. Seperti, Brimop Walk Clambing 2017, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Jogja 2018, dan Kejurnas Solo 2021,” ujar Sutrisno.

Sutrisno berharap agar lembaga lebih memperhatikan mahasiswa dalam mendukung kreatfitas mereka. Bukan saja pada bidang olahraga, tetapi juga pada bidang lain yang mampu memberikan dampak positif untuk menunjang alih status IAIN menuju UIN.

Hal ini didukung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Ambon, M Faqih Seknun. Menurutnya, perasaan bangga dan syukur atas pencapaian Sutrisno mewakili Maluku dan membawa nama baik IAIN Ambon ke ranah nasional.

“Untuk civitas akademik IAIN Ambon untuk mendoakan agar bisa meraih juara. Harapan ini bukan hanya untuk Sutrisno, namun untuk generasi selanjutnya sehingga tidak berhenti di Sutrisno,” kata Faqih di rektorat lantai dua.

Faqih juga berjanji bahwa kedepan IAIN akan membangun gedung olahraga untuk menunjang kegiatan mahasiswa. “Insyaallah tahun akan datang kita akan meminta perencanaan ke pusat untuk membangun fasilitas gedung olahraga,” tegasnya.

PON XX Papua yang sebelumnya direncanakan digelar tahun 2020 harus ditunda karena pandemi Covid-19. PON diikuti 6.484 atlet yang akan berlomba dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga, 679 nomor pertandingan atau perlombaan.

Share this :
About admin 512 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*