Jika UKM Olahraga Lawan Aturan, Warek III: Saya Akan Bekukan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan M. Faqih Seknun, saat ditemui di Rektorat IAIN Ambon, Lantai I, Kamis, 23 September 2021/LINTAS/M. Taufik Rumadaul.

Reporter: Taufik Rumadaul
Editor:
Taufik Rumadaul


LINTAS.COM Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Ambon, M. Faqih Seknun, mengancam bubarkan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga. Ancaman itu berawal dari permintaan Faqih kepada organisasi tersebut mengosongkan ruangan yang ditempati sebagai sekretariat.

Namun permintaan tersebut belum digubris pengurus UKM Olahraga. “Saya akan bekukan pengurusnya,” kata Faqih kepada Lintas lewat pesan WhatsApp, Kamis, 23 September 2021.

Alasan mendepak organisasi yang dipimpin Taher Lesilawang dari ruangan, yang sebelumnya dijadikan ruang Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), lantaran bilik itu diduga akan ditempati Badan Eksekutif Mahasiswa.

Faqih menegaskan, organisasi tersebut tidak dianggap bagian dari kampus, jika pengurusnya tidak menggubris perintahnya. “Kalau dia (UKM Olahraga) mau bikin aturan sendiri, silakan keluar. Tidak usah berada di lembaga ini,” ucap dia.

Ketua Umum UKM Olahraga Taher Lesilawang, membantah tudingan Faqih yang menyebut organisasinya melawan aturan. Menurutnya, menempati ruangan itu hak mahasiswa dan organisasi yang bernaung di kampus. “Kan kita tidak mencederai lembaga,” ujarnya.

Dia mengaku sudah menjelaskan ke pembantu rektor itu bahwa, keputusan pindah seharusnya disampaikan dalam rapat. Namun, Taher melanjutkan, Wakil Rektor III mengatakan tidak perlu membuat rapat. “Bikin terus sesuai kemauan, nanti saya bubarkan UKM Olahraga,” ujar Seknun, seperti ditirukan Taher.

Basyir Tuhepaly, anggota UKM Olahraga, menambahkan pembantu rektor seharusnya tidak mengurus persoalan itu, apalagi mendesak organisasi tersebut pindah. “Ada ruangan lain yang bisa ditempati Dema. Sebab, gedung itu dibangun untuk mahasiswa,” ujarnya.

Sikap Faqih, kata Basyir, menunjukkan ia mengistimewakan satu pihak. Basyir menuding pengurus Dema memanfaatkan jabatan Faqih sebagai kekuatan.

Kisruh Faqih dan anak buahnya di organisasi kampus ini dimulai saat ia bersama pengurus Dema datangi sekretariat di lantai 2 itu. Faqih datang membawa sebuah surat sekaligus mendesak UKM Olahraga angkat kaki Selasa lalu.

Share this :
About admin 512 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*