Bentrok Ori-Kariu, AJI Ambon Suarakan Jurnalisme Damai

AJI Indonesia Foto

Reporter: Yolanda Agne
Editor: Idris Boufakar


LINTAS.COM — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ambon mengimbau agar jurnalis dan media massa menerapkan jurnalisme damai dalam pemberitaan bentrok dua desa di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

“Seruan AJI ini merespons bentrokan dua kampung tetangga itu dan telah diberitakan sejumlah media massa lokal dan nasional,” ujar ketua AJI Ambon Tajudin Buano dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 26 Januari 2022.

Seruan ini dilatarbelakangi beredarnya informasi perselisihan dua kampung, Desa Ori dan Desa Kariu. Informasi beredar secara tertulis maupun video mengandung narasi provokatif yang dapat memicu perselisihan.

“Selain narasi yang provokatif, video kekerasan (pembakaran rumah warga dan penyerangan terhadap warga) juga telah disebarkan oleh oknum tertentu di facebook pribadi,” kata Tajudin.

Perselisihan antara Desa Ori dan Desa Kariu diduga akibat salah paham mengenai lahan. Hingga saat ini AJI menemukan 12 video yang berkaitan dengan bentrok di dua desa tersebut.

Melalui keterangan tertulis, AJI Ambon mengimbau agar jurnalis menggunakan jurnalisme damai dalam pemberitaan konflik seperti ini. Menurut AJI, jurnalisme damai tidak menghilangkan fakta, namun lebih memilih dan menonjolkan fakta yang dapat menurunkan potensi konflik.

AJI Ambon juga menekankan agar media dalam meliput konflik agar patuh terhadap kode etik jurnalistik pasal 8. “Wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang atas dasar perbedaan suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan bahasa serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa atau cacat jasmani”.

Tajudin menegaskan agar jurnalis melakukan disiplin verifikasi dan menghindari memuat berita yang sensasional tanpa berdasarkan fakta.

“Media hendaknya tidak tergoda untuk memuat berita sensasional, meski itu mengundang jumlah pembaca yang tinggi,” katanya.

Share this :
About admin 512 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*