Gerakan Pemerhati Mahasiswa (GPM)

Rabu kemarin (17/05/15) kami dari GPM melakukan melakukan kegiatan perdana kami di pelataran kampus hijau IAIN Ambon, yang dimana kami tergabung dalam satu komunitas membaca mengadakan kegiatan mengajak Mahasiswa IAIN untuk membaca dengan sorotan tema “One Day One Book”
Dari taman baca yang sederhana ini, kami siapkan buku-buku pribadi kami dari teman-teman yang tergabung dalam komunitas tersebut, masing-masing anggota komunitas membawa buku pribadinya sebanyak tiga buku untuk taman baca kami.


Dan dari taman baca ini kami mengajak mahasiswa IAIN untuk banyak membaca, karena dari membaca itulah yakin sungguh mahasiswa akan cerdas dan memiliki banyak konsep. Apabila teman-teman mahasiswa merespon kegiatan ini dengan baik maka yakin sungguh bahwa apa yang dicita-citakan oleh fanding father kita akan tercapai.
Alasan kami membentuk komunitas ini sangat sederhana karena kami melihat mahasiswa IAIN Ambon sedang mengalami degradasi intelektual dan sudah sangat jauh dari tradisi membaca, yang ada hanya membicarakan hal-hal yang tidak penting dan pada akhirnya Intelektual Mahasiswa seperti itu akan diragukan.
Dengan demikian, kami datang dengan buku-buku sederhana, mengajak Mahasiswa IAIN Ambon untuk membaca. Karena membaca adalah kegiatan manusia yang paling produktif dan bagian kegiatan untuk memahami apa yang ditulis, sebab dengan membaca orang dapat melakukan penjelajahan bebas.
Sudah jelas didalam Al-quran bahwa ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Iqra’ yang artinya bacalah, makna dari surat ini jelas untuk menyeru manusia membaca supaya mereka bisa memahami dan mengaktualisasikan ilmunya kepada masyarakat, pada ayat lain dijelaskan bahwa “Allah yang mengajari pena dan mengajari sesuatu yang tidak diketahui” sebab semua bacaan adalah hasil penulisan dari sebuah pena.
Kemunduran umat islam diseluruh dunia sekarang ini antara lain adalah akibat rendahnya minat baca yang berakibat terjadinya pembodohan yang membuat mereka tidak lagi memiliki kreatifitas ilmiah seperti generasi pertama kaum muslim.
Sebagaimana disebutkan dalam Al-quran jelaslah bahwa “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan diantara kamu dan mereka yang diberi karunia ilmu bertingkat-tingkat. Berarti bahwa janji keunggulan, kemenangan, Superioritas, dan suprimasi dari Allah akan dikarunikan kepada mereka yang beriman dan berilmu. Jadi tidak cukup iman saja, juga tidak cukup ilmu saja keduanya harus saling mengimbangi
Harapan kami dari seluruh teman-teman komunitas GPM adalah, mengingat komunitas kami baru terbentuk maka kami meminta doa dan partisipasi serta bantuan moril agar komunitas kami selalu sukses dan belajar lancar aman dan terkendali.
Dan yang terakhir kami menaruh harapan besar kepaada bapak petinggi yang berada dilingkungan kampus IAIN Ambon agar berkenan memberi bantuan berupa buku agar menambah literature pada komunitas kami.

Salahudin Hamid Fakaubun

*Penulis ialah Ketua HMJ PMH, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Isam

Share this :
About admin 484 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*