Keamanan Kampus Lemah

Gerbang kampus IAIN Ambon, Lintas/ Istimewah.

Keamanan kampus IAIN Ambon tidak mampu menertibkan kerapian mahasiswa. Tak apik. Menjadi buah bibir bagi pegawai yang bertugas di BAK Fakultas dan Rektorat.

Mahasiswa sering dimarahi, diusir oleh pegawai dan dosen sebab tidak mematuhi aturan berpakaian yang sopan. Kesalahan dibuat mahasiswa berulang kali, kenapa? Keamanan kampus tidak ketat mengatasi mahasiswa ketika melangkah laju lewat gerbang kampus, dekat pos keamanan.

Keamanan jadi sorotan semua pegawai soal—kerapian mahasiswa, tetapi mereka (pegawai) tidak mampu mempergunakan—akalnya yang perlu disebut “cerdas” untuk menganalisis akar masalah tersebut.

Sebagai pmpinan tidak seharusnya biarkan masalah itu mendara daging. Sebab, nantinya akan berpengaruh pada proses ativitas mahasiswa jelang perkuliahan dan urusan pribadi. Si keamanan-pun harus benar-benar kerja sesuai tugas yang dibebankan, karena keamanan bukan kerja ikhlas.

Beta beranggapan, pimpianan tak pernah berikan arahan yang baik kepada keamanan kampus yang baru dipekerjakan. Selain kerapian mahasiswa, mereka (keamanan) dinilai hanya menghormati (memberi hormat) pada rektor, wakil-wakil rektor, jajaran dekan dan beberapa pejabat rektorat, sedangkan para dosen, ketua-ketua jurusan tak mendapat kehormatan oleh mereka. Sebenarnya ini ada apa?

Pihak lembaga-pun tidak seharusnya acuh tak acuh soal ini, setidaknya harus mengatasi—hingga tuntas.

Kembali lagi soal kerapian mahasiswa yang tak kunjung usai. Kenapa harus mahasiswa saja yang disoroti, kenapa  mahasiswa yang harus disalahkan. Solusinya sebelum membatasi mahasiswa, lebih baik periksa dulu semua dosen dan pegawai kampus soal kerapian.

Bagaimana mahasiswa bisa rapi dan sopan sedangkan atasannya tidak rapi. Hal demikian setidaknya diantisipasi sebab mahasiswa juga lebih parah membuat hal-hal yang tidak diinginkan. Mari menjaga marwah perguruan tinggih.

**

Catatan: Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi lpmlintas.com


Penulis: M Fauzi Ode

Adalah Pengurus UKM Pers atau Redaktur Pelaksana Majalah Lintas. Ia dapat dihubungi melalui email: Mohfauziode@gmail.com

Share this :
About admin 484 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*