Pengungsi Gunung Tailan Satu Sulit Dapat Bantuan

Tim relawan KPA Kadal Adventure Club menempuh perjalanan menuju lokasi pengungsian, di Gunung Tailan Satu, Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah, Ahad, 29 September 2019/LINTAS/INDAH SARI IBRAHIM

Reporter: Indah Sari Ibrahim.


LINTAS.COM— Warga pengungsi di Gunung Tailan Satu, Desa Tial, Kecamatan Saluhutu, Kabupaten Maluku Tengah sulit mendapat bantuan. Kesulitan mereka karena harus menempuh perjalanan sekitar satu kilometer melalui dataran ketinggian.

“Sejak gempa pertama, baru ini mendapat bantuan, yang dibawa langsung  dari relawan,” kata Anawati, 41 tahun, saat ditemui, Lintas, di tenda pengungsian, Ahad sore, 29 September 2019.

Relawan yang terlebih dahulu mengantar bantuan langsung ke tempat pengungsian yakni, tim relawan Komunitas Pecinta Alam  Kadal Adventure Club (KAC) Ambon.

Sebelumnya, warga pernah  mendapat bantuan dari pemerintah desa. Namun, proses pengambilannya  harus turun ke kantor desa. “Tapi, katong  ambil sendiri. Seng ada yang bawa,” tuturnya.

Anawati mengatakan, bantuan makanan yang diberikan kepada masyarakat seadanya. “Hasilnya dibagi, satu kepala keluarga  mendapat 1 butir telur, 6 bungkus mie, dan 1 bungkus teh,” ujarnya,  “Sementara gula sekilo dibagi untuk 20 kepala keluarga.”

Anggota tim relawan Kadal Adventure Club, Riri Sarfan  menjelaskan, sebelum ke lokasi, mereka awalnya melakukan survei. “Ternyata belum ada bantuan yang masuk di sini,” katanya kepada Lintas.

Tim relawan KAC membawa 50 paket bantuan. Terdiri dari makanan,  obat-obatan dan kebutuhan lainnya.

Editor: Jamaludin Tuahan

Share this :
About admin 490 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*