Tahun Ini 500 Siswa Ikut Seleksi SPAN-PTKIN di IAIN Ambon

Aktivitas Pengenalan Budaya Akdemik dan Kemahasiswaan (PBAK) Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, di Gedung Olahraga, Selasa, 4 September 2018. LINTAS/Halima Rahawarin.

Reporter: Idris Boufakar
Editor: Yolanda Agne


LINTAS.COM — Kelulusan calon mahasiswa Jalur Seleksi Prestasi Akdemik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTKIN), di Institut Agama Islam Negeri Ambon dari berbagai daerah di Maluku diumumkan pada Senin, 12 April, 2021 pukul 15.00 WIT.  

“500 siswa terdaftar mengikuti seleksi jalur SPAN di IAIN Ambon. Sudah dibuka pedaftarannya sejak Selasa, 19 Januari sampai 17 Februari 2021 lalu,” kata ketua panitia penerimaan mahasiswa baru, Profesor La Jama’ah, pada Jumat, 9 April 2021.

Sebelumnya, peserta SPAN telah mengikuti pendaftaran dengan mengisi folmulir kemudian mengajukan nilai rapor beserta prestasi lain. Selanjutnya dilakukan proses seleksi secara bertahap. Tahap satu dari 1 sampai 5 April 2021, Tahap II 6-8 April 2021. Seluruh tahap seleksi jalur SPAN dilakukan secara online.

Profesor La Jama’ah yang juga Wakil Rektor I bidang Akademik  itu berharap, 500 peserta yang mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN meraih hasil yang maksimal. “Semoga  yang mengikuti seleksi mendapatkan hasil yang memuaskan,” tuturnya.

SPAN adalah program penyaringan bagi sekolah, madrasah, atau pesantren, agar bisa mendaftarkan siswanya untuk meneruskan pendidikan tinggi di UIN, IAIN, atau STAIN. SPAN-PTKIN tahun ini diikuti oleh 182.890 siswa dari 11.920 sekolah yang mendaftar. Pengumuman hasil kelulusan dapat di akses melalui laman https://span-ptkin.ac.id.

Sebelumnya, siswa yang ingin masuk di IAIN Ambon bisa mengikuti tiga jalur seleksi yakni, SPAN-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) serta jalur mandiri.  

Al-Baqhir Latuapo

Share this :
About admin 464 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*