Wisuda Virtual di IAIN Ambon Ditunda karena Kurang Persiapan

335 Wisudawan sarjana angkatan XIX dan Magister angkatan X Institut Agama Islam Negeri Ambon, Tahun kedua 2019, digelar di gedung Islamic Center, Sabtu 28 Desember 2019. Lintas/Anon Heluth.

Reporter: Usman Rumadaul
Editor: Yolanda Agne


LINTAS.COM — Wisuda virtual di IAIN Ambon yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juli 2021, ditunda hingga 5 Agustus 2021. Kesiapan kampus dalam menyelenggarakan wisuda online perdana dianggap masih kurang dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Bayangan kita wisuda online ini mudah, padahal saat dikonfirmasi dari tim IT (Informasi Teknologi) itu agak sulit. Untuk mengantisipasi itu kita butuh waktu lebih untuk mempersiapkannya agar lebih matang,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama M Faqih Seknun, saat dihubungi melalui telepon pada Jumat, 23 Juli 2021.

Berdasarkan hasil rapat senat pada 22 Juli 2021, penundaan wisuda dikarenakan beberapa faktor, salah satunya atribut wisuda (baju toga) belum tiba di kampus dan jadwal wisuda sebelumnya bertepatan dengan ujian masuk secara online bagi calon mahasiswa baru jalur mandiri.

“Atribut itu juga menjadi alasan fundamental dan jadwal awal wisuda bertepatan dengan tes calon mahasiswa baru pada tanggal 27-29 Juli, yang membutuhkan tim IT. Jadi kita harus membagi waktu kerja tim IT,” kata Faqih.

Hal senada dikatakan sekretaris panitia wisuda, Muslim. Ia mengatakan kampus membutuhkan waktu lebih lama untuk mempersiapkan wisuda virtual pertama di IAIN. Ia menjelaskan, yang berbeda dari wisuda online dengan wisuda tatap muka hanya pemindahan tali toga dilakukan di rumah masing-masing

“Wisudawan akan disebut namanya dan pemindahan tali toganya bisa dilakukan di rumah bersama orang tua,” ujar Muslim yang juga menjabat Kepala Bagian Akademik dan Kerja Sama.

Wisuda semester genap angkatan ke XXI tahun 2021 akan dihadiri secara virtual oleh 732 wisudawan. Pascasarjana sebanyak 70 wisudawan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 289, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 164, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam 209.

Taufik Rumadaul | Yolanda Agne

Share this :
About admin 484 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*