Panitia Mubes Dema Dinilai Tidak Transparan

Gedung student center IAIN Ambon. Lintas/ Mona Kaisupy.

Reporter: Udin
Editor: Yolanda Agne


LINTAS.COM — Bakal calon Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Muhammad Basyir Tuhepaly menilai panitia Musyawarah Besar (Mubes) Dema tidak transparan dalam proses pemberkasan calon ketua Dema.

 “Jam 10 pagi saya menelepon ketua panitia dan diberi tahu bahwa batas pendaftaran jam 12 malam. Namun, ketika saya menghubungi kembali di jam 10 malam, ketua panitia menginformasikan bahwa pendaftaran sudah ditutup sejak jam 6 sore tadi,” ujar Basyir saat diwawancarai Lintas di Taman Baca, Kamis, 12 Agustus 2021.

Ia juga menambahkan bahwa panitia tidak terbuka lantaran tidak mengkonfirmasi kembali perihal penutupan pendaftaran pukul 18.00 WIT, berdasarkan keputusan rapat panitia.

“Padahal jam empat sore saya menelepon ketua panitia untuk menanyakan berkas yang harus diajukan. Tetapi sore itu tidak ada pemberitahuan penutupan pendaftaran melalui telepon singkat itu,” kata Basyir.

Lintas mencoba mengkonfirmasi Abdillah Aras Soulissa, Selaku ketua panitia melalui sambungan telepon namun tidak direspons.

Melalui sekretaris panitia Hutomo Walalayo, menurutnya kerja panitia sudah sesuai prosedur yang ditetapkan.

“Terkait apa yang disampaikan ketua panitia untuk jam dua belas malam baru penutupan pendaftaran, itu keliru. Kemudian, dia hanya mengeluarkan statemen itu secara pribadi bukan mengatasnamakan panitia,” ujar Hutomo di depan Masjid Jabal Nur, Arbes.

Ia juga menilai, Basyir selaku bakal calon ketua Dema menganggap remeh panitia karena mengurus persyaratan di hari terakhir pendaftaran.

“Dan semestinya mereka itu harus berpikir bahwa apa yang mereka buat keliru. Masa pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 26 Juli sampai 10 Agustus, baru diurus untuk pendaftaran,” kata Hutomo.

Pembukaan pendaftaran calon ketua Dema telah dibuka sejak 26 Juli hingga 10 Agustus kemarin. Melalui postingan akun media sosial Abdillah Aras Soulissa pada 13 Agustus 2021, panitia pengumumkan bahwa kandidat calon ketua, wakil ketua, dan sekretaris terpilih adalah Muhammad Zulfani Narahaubun Ketua, Ismail Souwakil Wakil Ketua, Wahab Sekretaris.

Iswandi Kelilauw

Share this :
About admin 490 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*