Andreas Harsono Kampanye Tolak Pembredelan LPM Lintas

Andreas Harsono. Dok. @andreasharsono

Reporter: Yolanda Agne
Editor: Ihsan Reliubun


LINTAS.COM — Andreas Harsono, penulis buku Agama Saya Jurnalisme berkampanye menolak pembredelan pers mahasiswa Lintas di Institut Agama Islam Negeri Ambon. Penolakan tersebut diunggah melalui akun pribadi Instagram.

“Rektor seharusnya membuat tim untuk menyelidiki isi laporan, bukan sewenang-wenang bungkam kebebasan pers,” demikian bunyi kalimat yang ditulis akun @andreasharsono, Kamis, 17 Maret 2022.

Baca: Rektor IAIN Ambon Bredel LPM Lintas

Dalam unggahan tersebut Andreas melampirkan foto dirinya bersama empat anggota pers mahasiswa Sigma di Universitas Islam Negeri Banten. Terlihat di foto mereka membentangkan poster bertulis “Stop Pembungkaman Lintas”, “Bentuk Tim Investigasi KS IAIN Ambon”, dan “Stop Intimidasi terhadap LPM Lintas”.

“Ini solidaritas kami untuk awak redaksi di IAIN Ambon,” tulis dia dalam unggahannya. Saat memberikan dukungan di media sosial, penerjemah buku Sembilan Elemen Jurnalisme itu tampak mengenakan topi berwarna cokelat dan berkacamata hitam sambil memegang kertas karton manila dengan tulisan “Stop Intimidasi terhadap LPM Lintas”.

Sebelumnya, Lintas menerbitkan majalah berjudul “IAIN Ambon Rawan Pelecehan” pada Senin, 14 Maret 2022. Liputan ini menemukan 32 kasus kekerasan seksual di IAIN Ambon sejak 2015-2022. Korban 32 orang yang terdiri dari 25 perempuan dan 7 laki-laki. Terduga pelaku 14 orang berasal dari 8 dosen, 3 pegawai, 2 mahasiswa, dan 1 alumnus.

Menanggapi terbitan majalah Lintas, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin mengatakan kerja Lintas sudah tidak sesuai visi-misi kampus. Sehingga Zainal menerbitkan SK Rektor Nomor 95 tahun 2022 tentang pembekuan UKM LPM Lintas.

Share this :
About admin 512 Articles
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bergerak dalam bidang jurnalistik—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online, koran, dan majalah. Lintas berdiri pada tanggal 24 April 2011.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*